you're reading...
Manajemen, Salemba Empat

Pengelolaan SDM

Memenuhi tantangan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dengan efektif memerlukan keterlibatan semua orang dalam perusahaan. Pengelolaan SDM secara efektif sangatlah penting untuk bisa sukses dalam pasar yang sangat kompetitif—saat ini, seperti yang dikemukakan para manajer dari berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan domestik yang sangat kecil hingga perusahaan multinasional yang sangat besar. Sebagian besar perbedaan dalam pengelolaan SDM—oleh perusahaan—disebabkan oleh perbedaan-perbedaan yang ada dalam lingkungan eksternal perusahaan (itu sendiri). Oleh karena itu, memahami sifat perusahaan dan lingkungan eksternal (perusahaan) sangat penting dalam mengelola SDM secara strategis. Selain memenuhi permintaan dari pemegang saham, perusahaan yang baik juga memikirkan permasalahan pegawai dan keluarganya, pelanggan, anggota masyarakat setempat, pihak pemerintah, serikat pekerja, kelompok-kelompok kepentingan publik, dan perusahaan lain yang berhubungan dengan mereka. Perusahaan yang efektif mengakui bahwa “kesuksesan” lebih baik daripada sekadar keuntungan (belaka). Perusahaan-perusahaan terbaik menyeimbangkan perhatiannya mengenai hasil keuntungan jangka pendek dengan pengakuan bahwa kesuksesan jangka panjang mengharuskan mereka untuk menyenangkan para pemangku kepentingan (utama)-nya. Edisi kesepuluh Pengelolaan Sumber Daya Manusia ini menjelaskan bagaimana perusahaan-perusahaan besar mengelola SDM untuk bersaing secara efektif dalam lingkungan global yang dinamis, karena setiap perusahaan berbeda satu sama lain dalam berbagai hal—termasuk lokasi, strategi persaingan, produk dan jasa, serta budaya perusahaan. Buku ini menggunakan berbagai contoh perusahaan yang berbeda dalam industri yang berbeda (pula) untuk menggambarkan bagaimana (para) atasan menangani tantangan pengelolaan SDM secara efektif. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:
Bab 1 Mengelola Sumber Daya Manusia
Bab 2 Memahami Lingkungan Eksternal dan Organisasional
Bab 3 Merencanakan SDM untuk Penyetaraan dan Perubahan
Bab 4 Memastikan Adanya Perlakuan yang Adil dan Pemenuhan Hukum
Bab 5 Menggunakan Analisis Pekerjaan dan Percontohan Kompetensi Bab 6 Merekrut dan Mempertahankan Pegawai Berkualitas
Bab 7 Menyeleksi Pegawai untuk Tugas dan Perusahaan

About Admin

kuli buku

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

E-BOOK GRATIS

Blog Stats

  • 12,656 hits
%d blogger menyukai ini: